Tentang MK Penelitian

Penelitian program sarjana di Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung merupakan salah mata kuliah tugas akhir yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Penelitian ini terdiri dari Penelitian 1 (2 SKS) dan Penelitian 2 (3 SKS). Penelitian 1 merupakan tahap penyusunan usulan penelitian yang dilaksanakan melalui TK4092 Penelitian Teknik Kimia 1. Penelitian 2 merupakan tahap pelaksanaan percobaan dan penyusunan laporan akhir yang dilaksanakan melalui TK4093 Penelitian Teknik Kimia II.

Penelitian tahap sarjana dimaksudkan sebagai salah satu wahana untuk mengembangkan dan menunjukkan kemampuan mahasiswa pengolahan data penelitian dan penggunaan metode tertentu yang sesuai. Di samping itu, penelitian tahap sarjana juga dimaksudkan untuk menganalisis dan menyelesaikan persoalan secara mandiri.

Mata kuliah penelitian tahap sarjana ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam:

  1. Memahami bidang keahlian khusus secara komprehensif dan mendalam, yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuannya untuk mengamati fenomena dalam obyek penelitiannya, sehingga mahasiswa mampu menganalisis kejadian tersebut dengan berlandaskan pada teori-teori dasar yang telah dipelajarinya.
  2. Merumuskan masalah penelitian, tujuan penelitian, dan menyelesaikannya secara sistematik untuk mendapatkan data percobaan yang benar (valid).
  3. Memupuk kemampuan diri dalam pembelajaran sepanjang hayat dan pengembangan diri yang terus-menerus.
  4. Membentuk kemampuan berkomunikasi yang baik secara lisan dan tulisan yang memenuhi kaidah tata bahasa yang berlaku.

Kerangka terstruktur penelitian dilangsungkan dengan tahapan sebagai berikut:

 Skema Penelitian Tingkat 1-4 v2